PENGGUNAAN MEDIA CORONG BERHITUNG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD IT GENERASI RABBANI

Rabbani, Siti (2019) PENGGUNAAN MEDIA CORONG BERHITUNG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD IT GENERASI RABBANI. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SITI RABBANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas II yang di asumsikan menggunakan media pembelajaran corong berhitung apakah lebih baik daripada tanpa menggunakan media corong berhitung di SD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IIA berjumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas IIB berjumlah 29 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media corong berhitung sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal essay. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas II yang diajarkan menggunakan media corong berhitung lebih baik daripada tanpa menggunakan media corong berhitung di SD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas IIA tanpa menggunakan media corong berhitung yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 24 orang siswa (86%) mendapatkan nilai 64,12 sampai 83,02 sedangkan hasil belajar kelas II B yang menggunakan media corong berhitung sebanyak 27 orang siswa (96%) mendapatkan nilai 68,72 sampai 89,2 ke atas. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 2,04 dan nilai ttabel untuk df= 55 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,004. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,04 > 2,004).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Corong Berhitung terhadap Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:07
Last Modified: 29 Jun 2020 07:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item