PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI AL ISLAM KOTA BENGKULU

Insani, Khairatul (2019) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI AL ISLAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
KHAIRATUL INSANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya pemahaman siswa terhadap pemahaman sejarah dalam muatan IPS siswa kelas VA MI Al Islam Kota Bengkulu. Hal ini dikarenakan pada saat proses pembelajaran IPS di kelas siswa masih pasif dan kurang percaya diri, guru belum menggunakan metode yang bervariasi dan pembeajaran cenderung dengan metode ceramah, media pembelajaran yang digunakan buku cetak dan LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain quasi eksperimen,. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi,soal tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan uji-t. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap pemahaman sejarah pada pembelajaran IPS kelas V MI Al Islam Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini adalah t hitung ˃ t tabel (2,115 ˃ 2,002) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh metode Role Playing terhadap pemahaman sejarah pada pembelajaran IPS kelas V MI Al Islam Kota Bengkulu. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Perbandingan hasil dari postest nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol. Pada kelas eksperimen sebesar 69,83% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,16%. Dengan demikian melihat hasil nilai rata-rata dari kedua kelas tersebut,maka dapat diketahui bahwa nilai rata-rata posttes hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode role playing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata post test pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Pemahaman Sejarah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:08
Last Modified: 29 Jun 2020 04:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item View Item