PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM KETERAMPILAN EKSPOSISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU

Zaura, Siti (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM KETERAMPILAN EKSPOSISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SITI ZAURA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih kurangnya keterampilan eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini karena dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia masih pasif, guru belum menggunakan model dan metode yang bervariasi dan pembelajaran masih cenderung pada metode ceramah dan media yang digunakan hanya buku cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam keterampilan eksposisi pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Metode menggunakan kuantitatif dengan pendekatan eksprimen serta desain quasi eksprimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu sebanyak 177 siswa. Peneliti mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas V C berjumlah 35 orang sebagi kelas eksprimen dan kelas V D berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel memakai sampling purposive. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : hasil pengujian uji “t” terhadap posttest kedua kelompok diperoleh t hitung = 2,1403 sedangkan t tabel dengan df 68 (70-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,995. Dengan demikian t hitung ˃ t tabel (2,1403 ˃ 1,995) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam ini penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam keterampilan eksposisi pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Cooperative Integrated Reading And Composition, dan Keterampilan Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:01
Last Modified: 29 Jun 2020 04:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item