PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Kurnia Dewi, Wahyuni (2019) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WAHYUNI KURNIA DEWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika SD Negeri 74 Kota Bengkulu, yang terdiri dari satu kelas. Peneliti mengambil kelas V untuk dijadikan sampel yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif pendekatan Asosiatif kausal (hubungan kausal). Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 orang, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Ditemukan bahwa hasil belajar siswa berdasarkan pengolahan data menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa kategori tinggi sebanyak 4 resfonden atau 16 %. Kemudian kategori sedang sebanyak 18 resfonden atau 72%. Sedangkan kategori rendah sebanyak 5 resfonden atau 20%. Jadi, dapat disimpulkan tingkat hasil belajar matematika siswa SDN 74 Kota Bengkulu berada dalam kategori sedang, yaitu 72%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan persamaan regresi linier sederhana Y= 80,81 + 0,104X yang artinya setiap kenaikan satu variable X (Penerapan Kurikulum 2013) maka nilai variable Y (Hasil belajar siswa) akan naik 0,104 tindakan, dimana penerapan kurikulum 2013 mempengaruhi hasil belajar matematika siswa sebesar, 0,85% ( 0,85% dilihat dari perhitungan koefisien determinasi 72,25 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Hasil Belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:09
Last Modified: 29 Jun 2020 05:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item