IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Hana Lestari, Yuni (2019) IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YUNI HANA LESTARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orang tua merupakan tempat pendidikan pertama dan informal bagi anak di lingkungan keluarga. Dalam mendidik anak orang tua menggunakan berbagai cara atau pola asuh, diantaranya adalah demokratis, otoriter, pemanja, dan penelantaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pola asuh orang tua dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mendidik agama anak usia 5-6 Tahun di Desa Pematang Tiga Bengkulu Tengah? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif denagn pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan pembahasan dan analisa data pada bab terdahulu dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi pola asuh orang tua dalam mendidik anak usia 5-6 tahun di desa Pematang TIga Kabupaten Bengkulu Tengah, yaitu dari 15 informan orang tua anak, sebanyak delapan orang tua memberikan pola pengasuham yang demokratis; satu orang tua yang memberikan pola pengasuham otoriter; empat orang tua memberikan pola pengasuhan yang permisif atau pemanja; serta dua orang tua yang memberikan pola pengasuhan penelantaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut orang tua masih kurang dalam memberikan pola pengasuhan kepada anak dan dalam memberikan bimbingan agama terhadap anak. Dalam mendidik agama anak beberapa orang tua ada yang memberikan bimbingan kepada anak dengan cara memberikan pembiasaan dengan cara mengajak anak untuk cara mengajarkan anak untuk beribadah solat ke masjid dan membangunkan anak ketika subuh, dengan tujuan adalah agar anak menjadi terbiasa dalam mendirikan ibadah sejak kecil. 2) Faktor pendukung dalam penerapan mengembangkan agama kepada anak yakni faktor pembawaan, faktor lingkungan keluarga di Rumah, faktor lingkungan yang baik. 3) Faktor yang menghambat ada tiga yaitu: faktor keterbatasan waktu dalam mendidik anak, faktor lingkungan pergaulan, dan faktor pengaruh media massa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Implementasi, Pola Asuh, Agama Anak,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:09
Last Modified: 09 Mar 2020 08:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item