PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA TRANSPORTASI SISWA DI PAUD PEMBINA I KOTA BENGKULU

Pranata, Endi (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA TRANSPORTASI SISWA DI PAUD PEMBINA I KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
ENDI PRANATA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran terkait dengan bagaimana membuat siswa dapat belajar dengan mudah dan di dorong oleh kemauannya sendiri untuk mempelajari apa yang teraktualisasikan dalam kurikulum sebagai kebutuhan peserta didik. Berdasarkan suatu teori belajar, diharapkan suatu pembelajaran dapat lebih meningkatkan perolehan sebagai hasil pembelajaran. Hal ini perlu dicarikan solusi dan penangan khusus guna meningkatkan hasil belajar tersebut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang saat ini masih menggunakan media pembelajaran yang kurang sesuai, monoton dan belum mengikuti perkembangan teknologi. Padahal media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan hasil belajar siswa, untuk mewujudkan timbulnya hal tersebut, maka penggunaan media pembelajaran menjadi satu faktor penting, yang dalam hal ini media tersebut merupakan media powerpoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar tema transportasi siswa pada kelompok B di TK Pembina Negeri 1 Kota Bengkulu. Untuk mengungkapkan hal tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode eksperimen yang bermanfaat memberikan informasi, fakta, dan data. Kemudian data tersebut diuraikan dianalisis, dan dibahas dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus run test. Dari penelitian yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran audiovisual powerpoint dalam meningkatkan hasil belajar tema transportasi di kelas B TK Pembina negeri 1, berdasarkan dari hasil penelitian, ditemukan ada pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia dini terlihat pada kelompok eksperimen. Media pembelajaran audiovisual kelompok eksperimen mengalami peningkatan yaitu sebesar 0,46 dari hasil pretest sebelumnya sebesar 2,77 meningkat menjadi 3,23. Artinya hal itu juga menunjukan bahwa proses belajar mengajar dikatakan berhasil dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media, Audiovisual, Hasil, Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:06
Last Modified: 23 Mar 2020 01:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View Item View Item