PENERAPAN PERMAINAN KOLASE KERTAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DI PAUD AR-RAHIM KELURAHAN SIMPANG TIGA KABUPATEN KAUR

Ayu Lonika, Tessa (2019) PENERAPAN PERMAINAN KOLASE KERTAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DI PAUD AR-RAHIM KELURAHAN SIMPANG TIGA KABUPATEN KAUR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TESSA AYU LONIKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di PAUD Ar-Rahim Kelurahan Simpang Tiga Kabupaten Kaur pada anak usia 4-6 tahun, penulis menemukan pembelajaran yang telah dilaksanakan anak usia dini lebih banyak melakukan permainan yang lebih tradisional seperti bermain kelereng, lempar batu, bermain lompat tali dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan kolase kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di PAUD Ar-Rahim Kelurahan Simpang Tiga Kabupaten Kaur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu jenis penelitian yang mengacu kepada tindakan apa saja yang dilakukan guru secara langsung untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari data pengamatan yang telah diperoleh bahwa kemampuan bahasa anak dalam setiap siklus mengalami perkembangan. Hal ini dapat diketahui nilai rata-rata skor pada Pra Siklus yaitu 35,5 dengan ketuntasan belajar klasikal anak sebesar 21,43%. Pada Siklus I meningkat menjadi nilai rata-rata skor yaitu 39,71 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 42,86%. Siklus II juga meningkat dengan nilai rata-rata skor yaitu 45,02 ketuntasan belajar klasikal 64,29%. Terakhir, pada Siklus III nilai rata-rata skor anak yaitu 49,17 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,86%. Meningkatnya ketuntasan belajar klasikal anak dengan menerapkan permainan kolase, anak diajak belajar dengan bermain, juga berkelompok dan bekerja sama, sehingga anak dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran, artinya pembelajaran dengan menggunakan permainan memberikan kepada anak motivasi dan keberanian serta peran aktif anak sebelum, saat, dan sesudah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kolase Kertas, Keterampilan Motorik Halus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:00
Last Modified: 23 Mar 2020 01:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item