PROBLEMATIKA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH TAHFIDZ TAMAN PENDIDIKAN DAARUL ‘ILMI KELURAHAN SUKARAMI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Wika, Wika (2019) PROBLEMATIKA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DI RUMAH TAHFIDZ TAMAN PENDIDIKAN DAARUL ‘ILMI KELURAHAN SUKARAMI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam menghafal AlQur’an bagi anak-anak di rumah tahfidz taman pendidikan Al-Qur’an Daarul „Ilmi Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu serta bagaimana solusi terhadap masalah tersebut. Rumusan masalah Apakah masalah yang dihadapi anakanak dalam menghafal Al-Qur’an di rumah tahfidz taman pendidikan Al-Qur’an Daarul „Ilmi Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu? dan bagaimana solusi terhadap masalah dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak di rumah tahfidz taman pendidikan Al-Qur’an Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu? Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif, Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan anak-anak didik rumah tahfidz TPA Daarul „Ilmi kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dan juga ustadz dan ustadzah rumah tahfidz taman pendidikan Al-Qur’an Daarul „Ilmi menjadi informan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi anakanak dalam menghafal Al-Qur’an Ini terlihat dari hasil penelitian bahwa dalam penelitian ini merasa malas untuk menghafal, menghafal bukan dari hati melainkan paksaan dari orang tua, anak-anak sering tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran sehingga tertinggal akan hafalan, tidak melakukan murajaah sehingga hafalan banyak yang lupa, dan bacaan belum lancar, anak-anak masih belum dapat membagi waktu dalam menghafal Al-Qur’an. Solusi akan masalah yang ada maka menjalin komunikasi yang baik antar orang tua anak didik dengan ustadz dan ustadzah agar dapat mengontrol anak dengan baik, dalam menghafal anak-anak tidak mendapat paksaan dari pihak manapun, dan memberikan motivasi serta reward agar menumbuhkan semangat menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problematika, solusi, menghafal Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:45
Last Modified: 07 Jul 2020 07:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item