Herawati, Deti
(2019)
751STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 89 TANJUNG AGUNG KECAMATAN TETAP KABUPATEN KAUR.
Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
Abstract
Bullying merupakan tindak kekerasan ataupun pelecehan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh seseorang ataupun kelompok orang yang memiliki kekuasaan ataupun kekuatan untuk melakukan kekerasan terhadap pihak lain. Bentuk perilaku bullying diantaranya bullying fisik, bullying non fisik, dan bullying mental psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 89 Tanjung Agung Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur yaitu bentuk bullying fisik seperti memukul, memainkan barang temannya dan bullying verbal berupa ancaman, berkata jorok dan mengolok-olok, (2) Terbentuknya perilaku bullying di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 89 Tanjung Agung Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur disebabkan oleh latar belakang keluarga yang tidak rukun, serioritas dan karakter individu itu sendiri, (3) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying siswa kelas IV yaitu, ketika ada permasalahan Guru Pendidikan Agama Islam memanggil siswa yang bersangkutan , memasukkan dalam buku hitam, siswa yang memiliki permasalahan dipanggil satu-persatu, mencari pokok permasalahan, guru dapat menemukan permasalahan, siswa yang melakukan kesalahan dipanggil dan dipertemukan, menanyakan benar atau tidak melakukan kesalahan, mengamankan kedua belah pihak, guru membuat kesepakatan agar siswa tidak mengulangi kesalahannya, jika tidak bisa diselesaikan maka pihak sekolah memanggil orang tua yang bersangkutan, diberi sanksi (Korsing).
Available Versions of this Item
-
751STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 89 TANJUNG AGUNG KECAMATAN TETAP KABUPATEN KAUR. (deposited 10 Oct 2019 04:50)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |