PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMPN 19 BENGKULU SELATAN

Aris Munandar, Feri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMPN 19 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FERI ARIS MUNANDAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Artikulasi pada siswa di kelas VIII SMPN 19 Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada pra tindakan rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45%, siklus I meningkat menjadi 69% dan siklus II meningkat menjadi 83%. Adapun hasil observasi guru pada siklus I mendapatkan skor 33 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 54 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan 26 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 33 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:55
Last Modified: 23 Mar 2020 01:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item