PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 16 KOTA BENGKULU

Handayani, Nifta (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NIFTA HANDAYANI .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang proses pembelajaran hanya menitik beratkan pada penyelesaian materi pelajaran bukam pada membentuk pemahaman dan kebermaknaan materi pelajaran kepada siswa, guru dan siswa hanya menggunakan sumber belajar yang disediakan oleh pemerintah dan sumber belajar dalam pembelajaran yang masih kurang menjadi fokus penelitian. Tujuan dalam penelitian ini menghasilkan bahan ajar dengan desai Research and Developmen (R & D) yang di implementasikan pada proses pembelajaran dengan mata pelajaran (PAI) Pendidikan Agama Islam bermodel Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP N 16 Kota Bengkulu dengan materi meyakini kitab-kitab Allah SWT dan mencintai Al-Qur’an, pada mata (PAI) Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metodologi penelitian yang digunakam adalah Problem-Based Learning (PBL) dengan menggunakan 8 langkah yaitu: Masalah yang diangkat, pengumpulan data, desain produk, validitas data, revisi desain, implementasi pembelajaran, tes tertulis, hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk memperoleh data kualitatif mengenai kelayakan isi bahan ajar sedangkan istrumen tes untuk memperoleh data kuantitatif, analisis data kualitatif validasi bahan ajar diperoleh data hasil kelayakan isi validasi 6,62 kebasahan 6,85 sajian 7 kegrafisan 6,93 dan validasi keseluruhan 6,85 (Sangat Baik).Hasil penelitian validasi tes data kuantitatif menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan kategori hasil belajar secara kognitif dapat diketahui dari perbandingan nilai pre-tes dan pos-tes, nilai rata-rata pre-tes siswa 25 dalam skala klassikal dan rata-rata nilai akhir 55,15 (kurang) dan hasil pos-tes siswa menunjukkan nilai rata-rata siswa mencapai 85 yang mengalami ketuntasan dengan rerata 78,12 (Baik). Ha ini menunjukkan bahwa bahan ajar (PAI) Pendidikan Agama Islam menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) sangat layak dan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar PAI Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Untuk Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:56
Last Modified: 29 Jun 2020 07:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3920

Actions (login required)

View Item View Item