KECENDERUNGAN BERPRILAKU CURANG SISWA PADA HASIL UAS PELAJARAN PAI DI SMAN 02 KAUR KABUPATEN KAUR

Wulandari, Sylvia (2019) KECENDERUNGAN BERPRILAKU CURANG SISWA PADA HASIL UAS PELAJARAN PAI DI SMAN 02 KAUR KABUPATEN KAUR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SYLVIA WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa-siswi kelas X, XI, dan XII pada saat UAS mata pelajaran PAI berlangsung siswa-siswi suka melakukan hal curang tersebut dengan berbagai macam cara yang mereka gunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecenderungan berprilaku curang siswa pada hasil UAS pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kaur? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung kecenderungan siswa berprilaku curang pada hasil UAS pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kaur? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif yaitu, penelitian yang tidak menggunakan perhitungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kecenderungan berprilaku curang siswa pada hasil UAS pelajaran PAI di SMA Negeri 2 KaurKecenderungan siswa-siswi kelas X, XI, dan XII pada saat UAS mata pelajaran PAI berlangsung siswa-siswi masih suka melakukan hal curang seperti mencontek dengan berbagai macam cara, misalnya seperti menyalin contohan (membuat catatan kecil dan ditarok pada tempat yang tersembunyi). Ini disebabkan masih kurangnya pengawasan dari pihak sekolah dalam pelaksanaan UAS, selain itu masih kurangnya persiapan dalam bektuk teknisi perlengkapan dalam pelaksanaan kegiatan UAS dan hal ini yang menyebabkan akhirnya siswa SMA Negeri 2 Kaur masih banyak yang kurang percaya diri dalam menghadapi UAS. 2) Faktor-faktor pendukung kecenderungan siswa berprilaku curang pada hasil UAS pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kaur Berdasarkan hasil penelitian wawancara dan observasi yang telah dilakukan terdapat empat faktor yang menjadi faktor penyebab kecenderungan siswa berprilaku curang pada hasil UAS pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kaur yaitu : a) Faktor individual atau pribadi dari penyontek; b) Factor lingkungan atau pengaruh kelompok; c) Factor system evaluasi; d) Factor guru atau penilai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berperilaku Curang, Hasil UAS, PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:55
Last Modified: 10 Mar 2020 07:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3922

Actions (login required)

View Item View Item