PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Diadora, Sahdan (2019) PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SAHDAN DIADORA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal penulis diketahui bahwa hasil belahar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Bengkulu Tengah masih belum maksimal. Ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang masih banyak yang di bawah standar KKM yakni 70. Selain itu, metode yang digunakan oleh guru hanya menggunakann metode dikte dan mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Metode Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Bengkulu Tengah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: seberapa efektifkah penggunaan meode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Bengkulu Tengah?. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, lembar tes dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Khulafaurrasyidin kelas VII di SMPN 1 Bengkulu Tengah, maka peneliti menyimpulkan bahwa: Keberhasilan pembelajaran PAI di SMPN 1 Bengkulu Tengah dilihat dari hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui Metode discovery learning . Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62 % menjadi 85 %. Hasil observasi dalam penggunaan penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Khulafaurrasyidin yang diikuti oleh siswa pada waktu tindakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa yang berkategori baik dan memuaskan dengan rentang pada siklus II. Penggunaan penerapan metode discovery learning juga dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran PAI di SMPN 1 Bengkulu Tengah dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Doscovery Learning, PAI, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:55
Last Modified: 29 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item