PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PONDOK KELAPA

Anggera Wati, Miya (2019) PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PONDOK KELAPA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MIYA ANGGERA WATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulumn didesain dengan sistematis dan komprehesif dengan segala kebutuhan pengembangan dan pengajaran anak didik untuk mempersiapkan diri meghadapi kehidupannya,tentu hasil output pendidikan itu pun akan mampu mewujudkan harapan. Tapi bila tidak, kegagalan demi kegagalan akan terus membayangi dunia pendidikan. Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan.mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia,maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan dengan cara sembarangan.penyusunan kurikulum membutuhkan konsep- konsep yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam.penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada konsep yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. Dengan sendirinya, akan berakibat pula terhadap kegagalan proses pengembangan Manusia.Tujuan penelitian ini adalah untuuk mengetahui Untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum pendidikan Agama islam dalam mengembangkan kerikulum pendidikan Agama Islam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 14 Pondok kelapa Mengetahui kurikulum pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 14 Pondok kelapa. Penelitian ini mengangkat masalah tentang model penerapan kurikulum ini mendeskripsikan secara terperinci tentang kompnen yang harus ada pada setiap kurikulum yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Wacana tersebut menyebutkan bahwa dalam kurikulum itu terdapat beberapa komponen diantaranya adalah tujuan kurikulum, bahan ajar atau materi atau isi dari kurikulum tersebut, strategi mengajar atau metode mengajar,media mengajar dan evaluasi pengajaran serta penyempurnaan pengajaran.ada bebrapa model pengembangan kurikulum yaitu:melalui pendekatan subject akademik, pendekatan humanistik, pendekatan teknologi, rekontruks sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model,Kurikulum PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:57
Last Modified: 19 Mar 2020 02:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3938

Actions (login required)

View Item View Item