KONSEP ETIKA GURU DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DAN K.H HASYIM ASY’ARI)

Orama Syafitri, Shinta (2019) KONSEP ETIKA GURU DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DAN K.H HASYIM ASY’ARI). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Imam Ghazali dan KH. Hasyim Asy‟ari tentang etika guru dalam pendidikan Islam, kemudian perbedaan dan persamaan pemikiran kedua tokoh tersebut tentang etika guru dalam pendidikan Islam. Penelitian ini berawal dari keprihatinan penulis karena menurunya etika guru saat ini. Terlihat dari banyaknya pencabulan, kekerasan kepada murid sampai tindak korupsi. Penelitian ini merupakan merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang berisi pemikiran Imam Ghazali dan KH. Hasyim Asy‟ari mengenai etika guru serta riwayat hidup kedua tokoh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dengan menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan metode induktif, deduktif dan metode komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat banyak perbedaan melainkan lebih banyak terdapat persamaan mengenai pemikiran Imam Ghazali dan KH. Hasyim Asy‟ari tentang etika guru dalam pendidikan islam. Perbedaan yang menonjol dari pemikiran pemikiran keduanya tentang etika guru adalah Imam Ghazali lebih menunjukkan sifat guru yang harus menjadi teladan dan memiliki sifat terbuka bagi para anak didiknya. Sedangkan Kiai Hasyim Asy‟ari lebih menekankan seorang guru harus memiliki hati yang bersih dalam mengajar dan sangat menjaga kewibawaannya sebagai seorang guru. Sedangkan persamaan yang muncul yaitu Imam Ghazali dan Kiai Hasyim Asy‟ari sama-sama menganjurkan seorang guru untuk memiliki kasih sayang kepada anak didiknya, memperingatkan anak didiknya akan tujuan menuntut ilmu tidak hanya untuk keperluan duniawi semata, mencegah anak didiknya agar tidak terjerambab pada akhlak tercela, menganjurkan muridnya untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, dan menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan kemampuan anak didiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika, Guru, Pendidikan Islam, Imam Ghazali, KH. Hasyim Asy‟ari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:57
Last Modified: 11 Mar 2020 02:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item