Juni, Amrin (2019) METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS SISWA MI NEGERI 3 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
AMRIN JUNI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diangkatterdapatdua halyaitu: Pertama, Bagaimana metode pembelajaran reward and punishment pada pelajaran menghafal Ayat-ayat Al-Qur‟an dan hadits pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bengkulu Tengah. Kedua, Apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan dalam penerapan metode pembelajaran reward and punishment pada pelajaran menghafal Ayatayat Al-Qur‟an dan hadits pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menjelaskan tentang kondisi sikap spiritual siswa, metode yang digunakan Guru dan hambatan serta pendukung dari proses internalisasi nilai spiritual itu sendiri. Maka di gunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode interaktif dengan teknik observasi, dokumentasi, pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian yaitu Pertama, Pada umunya penerapan metode rewardand punishment dalam pembelajaran menghapal al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bengkulu Tengah adalah dalam pemberian reward, reward itu terbagi menjadi dua yaitu1) rewardverbal yaitu reward dengan kata-kata, kalimat.2) rewardnonverbal yaitu reward yang berupa gerakan mimikmimik dan badan, reward dengan cara mendekati, reward dengan cara sentuhan, reward dengan cara syimbol atau benda, kemudian punishment terbagi menjadi tiga bagian yaitu, 1) anak melaksanakan perbuatan yang tidak menyenangkan (restitusi). 2) deprivasi (pencabutan atau pembatalan). 3) langsung menggunakan kesakitan. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaaan metode reward dan punisment yang dilaksanakan di Madrasah Al-Jamiah adalah yaitu para anak didik menerima atau menolak pemberian hapalan yang ada di Madrasah dan anak didik juga harus mengikuti aturan yang ada di Madrasah dan meluangkan waktu untuk belajar. Manfaat adanya metode reward dan punisment yang dilaksanakan di Madrasah yaitu bias memotivasi para anak didik untuk belajar menghapal, menimbulkan semangat dalam belajar, mengajarkan arti tanggung jawab, mendisiplinkan para anak didik untuk menghargai waktu dan taat terhadap peraturan hal ini juga bias meningkatkan presta sihapalan dan kedisiplinan bagi anak didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode,Reward And Punishment, Pelajaran Menghafal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 02:20 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 02:20 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4052 |
Actions (login required)
View Item |