PENGARUH METODE PEMBELAJAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN 66 KOTA BENGKULU

Jita, Rahma (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RAHMA JITA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Belajar IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan tentang kepahlawanan dan patriotisme dengan menggunakan metode Course Review Horay (CRH), yang terdiri dua kelas, peneliti mengambil kelas IV A dan IV B untuk dijadikan sebagai bahan sampel kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan pendekatan The Non-Equivalent Control Group. Desain ini kelompok eksperimen dan kontrol dipilih secara rindom. teknik pengumpulan data dengan obserpasi, tes dan dokumentasi. Setelah kemampuan Pretest diperoleh, maka langkah seterusnya yaitu melakukan pembelajaran dengan metode Course Review Horay (CRH), pada kelas IV. sehingga diperoleh kemampuan Postest pada siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata hasil belajar 76,25 dan kelas kontrol 70. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar IPS kelas eksperimen terdapat analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pada kelas IV , terhadap 2 orang (7,15%) yang masuk ke dalam kategori bawah/rendah, 23 orang (82,14%) yang masil kategori tengah/ sedang, 3 orang (10,71%) yang masuk kategori atas/ tinggi. Sedangkan kelas kontrol terdapat 5 orang (70,24%) yang berada pada bawah/rendah, 18 orang (62,07%) yang masuk pada tengah/sedang, dan terdapat 6 orang (20,69%) yang masuk kategori atas/tinggi. jadi hasil penelitian ini adalah t hitung > t tabel ( 13, 42 > 2,012 ) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian diterima, ternyata terdapat pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SDN 66 Kota Bengkulu. Sedangkan hipotesis (Ho) ditolak. dengan melihat hasil nilai rata-rata dari keduanya, maka dapat kita ketahui bahwa nilai rata-rata post test hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Metode Pemblajaran Course Review Horay lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata post test pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Course Review Horay Hasil
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:05
Last Modified: 12 Feb 2020 01:05
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item