PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N 62 KOTA BENGKULU

Permata Sari, Suci Ayu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N 62 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SUCI AYU PERMATA SARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, sering kali dijumpai adanya kecenderungan siswa yang tidak mau bertanya kepada guru meskipun mereka sebenarnya belum mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru. Setelah guru menyampaikan materi, kemudian guru menanyakan kepada siswa bagian mana yang mereka belum mengerti, sering kali siswa hanya diam dan setelah guru memberikan soal latihan barulah guru mengerti bahwa sebenarnya ada bagian dari materi yang telah disampaikan belum dimengerti oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas peningkatan hasil belajar IPA siswa SD kelas V yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Pree Ekpremental Design One Group Prestes dan Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V C yang berjumlah 28 orang. Sampling dalam penelitian ini adalah sampling Jenuh, Sampling Jenuh adalah teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel dan dikenal juga dengan istilah sensus. Sampel jenuh bisa dilakukan bila populasinya kurang dari 30 orang, karena siswa berjumlah 28 maka semua siswa bisa dijadikan sampel. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu Dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian ini adalah hasil penelitian, penulis melakukan pengolahan data dengan menggunakan Uji t-test, maka didapatlah hasil penelitian, ” bahwa thitung = 8.789 sedangkan ttabel dengan dk atau df = 54 pada taraf signifikan 5% yaitu 2.004. dengan demikian thitung > ttabel (8.789 > 2.004) hal ini dapat dilihat uji thitung lebih besar dari pada uji ttabel. Maka hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning terhadap hasil belajar siswa kelas V C pada mata pelajaran IPA di SD N 62 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:09
Last Modified: 11 Feb 2020 02:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item