PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT DAN MEMAHAMI PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Yutami, Deva (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT DAN MEMAHAMI PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEVA YUTAMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat dan memahami pelajaran IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat dan memahami pelajaran IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, sampel penlitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu yang berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, instrumen tes, dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu , maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengarauh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat dan memahami pelajaran IPA pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu dengan nilai rata-rata 95 kelas IVA dan nilai rata-rata 75 kelas IV B. Berdasarkan dari hasil pengujian uji “t” terhadap posttest kedua kelompok, Untuk kemampuan mengingat diperoleh thitung = 8,711 sedangkan ttabel dengan df 70 taraf singnifikan 5% yaitu, 1,994 .Dengan demikian, thitung > ttabel (8,146 > 1,994) yang berarti hipotesis kerja1 (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh perbedaan penggunaan metode bernyanyi dengan metode ceramah terhadap kemampuan mengingat pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu sedangkan hipotesis Nol1 (Ho) ditolak. Kemudian untuk kemampuan memahami diperoleh diperoleh thitung = 6,666 sedangkan ttabel dengan df 70 taraf singnifikan 5% yaitu, 1,994 .Dengan demikian, thitung > ttabel (6,666) > 1,994) yang berarti hipotesis kerja2 (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh perbedaan penggunaan metode bernyanyi dengan metode ceramah terhadap kemampuan mengingat pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu sedangkan hipotesis Nol2 (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mengingat, memahami, metode bernyanyi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:08
Last Modified: 12 Feb 2020 01:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item