PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 18 SELUMA

Putri, Kiki (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 18 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
KIKI PUTRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 18 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 62 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), nilai raport dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I−VI Sekolah Dasar Negeri 18 Seluma yang berjumlah 162 siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 18 Seluma. Berdasrkan hasil pehitungan melalui uji jalur besarnya pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,218. Sementara pengaruh tidak langsung melalui motivasi belajar yaitu 0,09405 (pengaruh langsung = 0,218 >0,09405 pengaruh tidak langsung). Hal tersebut berarti pada penelitian yang dilakukan memiliki pengaruh langsung yang kuat. Koefisien pengaruh tidak langsung melalui motivasi menunujukkan nilai t hitung > t tabel dengan taraf kesalahan 5% maka dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0,09405 signifikan, yang berarti terdapat pengaruh (t hitung = 1,99880> t tabel = 1,67303). Jadi,terdapat pengaruh fasilitas terhadap motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:09
Last Modified: 12 Feb 2020 01:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item View Item