KESADARAN SISWA DALAM PELAKSANAAN SHALAT JUM’AT DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Sari, Vini Fadilla (2019) KESADARAN SISWA DALAM PELAKSANAAN SHALAT JUM’AT DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img] Text
skripsi vini pdf.pdf

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Kesadaran Siswa Dalam Pelaksanaan Shalat Jum‟at di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu dengan melihat kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat Jum‟at di Sekolah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Penyebab siswa tidak melaksanakan shalat Jum‟at di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu yaitu kurangnya fasilitas sarana dan prasarana dari sekolah, kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat Jum‟at dan masih banyak siswa yang terpengaruh oleh siswa lain yang tidak mau melaksanakan shalat Jum‟at karena mereka lebih memilih duduk-duduk di kantin dan di warung. 2) Kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat Jum‟at di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu ini masih tergolong kurang hal ini disebabkan dari rendahnya kesadaran siswa itu sendiri untuk melaksanakan shalat Jum‟at. Jumlah keseluruhan siswa laki-laki kelas XI di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu dari 8 jurusan yaitu 164 orang, jumlah siswa laki-laki yang selalu melaksanakan shalat Jum‟at 110 orang, jumlah siswa laki-laki yang kadang-kadang melaksanakan shalat Jum‟at 39 orang, dan siswa laki-laki yang tidak pernah melaksanakan shalat Jum‟at berjumlah 15 orang. 3) Faktor pendukung dan penghambat siswa melaksanakan shalat Jum‟at adalah a) Faktor pendukung siswa melaksanakan shalat Jum‟at yaitu adanya kemauan siswa itu untuk melaksanakan shalat Jum‟at, adanya kekompakan guru dalam membimbing siswa untuk melaksanakan shalat Jum‟at, dan adanya mentoring yang dilaksanakan dari sekolah untuk menumbuhkan kesadaran siswa dalam beribah. b) Faktor Penghambat siswa tidak melaksanakan shalat Jum‟at yaitu sarana dan prasarana yang ada di sekolah kurang memadai karena masjid yang ada dalam lingkungan sekolah tidak cukup untuk semua siswa melaksanakan shalat Jum‟at, adanya pengaruh teman yang mengajak untuk tidak melaksanakan shalat Jum‟at, lingkungan tempat tinggal yang kurang pengetahuan agama dan siswa yang malas untuk mendengarkan khutbah Jum‟at.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Shalat Jum’at
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:22
Last Modified: 11 Feb 2020 08:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item