PENGARUH MEDIA DOMINO MATEMATIKA (DOMAT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN 99 LINGKAR BARAT KOTA BENGKULU

Alpis Juliansyah, Radi (2019) PENGARUH MEDIA DOMINO MATEMATIKA (DOMAT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN 99 LINGKAR BARAT KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RADI ALPIS JULIANSYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas II yang menggunakan media pembelajaran domino matematika (Domat) apakah lebih baik dari siswa yang tidak menggunakan media domino matematika (Domat) di SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasieksperimen, quasi-eksperimen adalah eksperimen, namun dalam pelaksanaan studi itu ada kendala-kendala pemenuhan kreteria, yaitu terkait pemilihan subjek, sampel secara random dan penugasan subjek secara random, menggunakan metode quasi eksperimen metode eksperimen merupakan metode pembelajaran dimana guru dan anak didik bersama-sama mengerjakan sesuatu sebagai latihan praktis dari apa yang telah dipelajari, dalam arti lain siswa dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, atau mencoba mencari sesuatu hukuman atau proses, dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelas IIA berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIB berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media domino matematika sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas II yang diajarkan menggunakan media domino matematika lebih baik daripada tanpa menggunakan media domino matematika di SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil postest siswa kelas IIA menggunakan media domino matematika yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 23 orang siswa (88%) mendapatkan nilai 68,75 sampai 89,75 ke atas sedangkan hasil belajar kelas II B tanpa menggunakan domino matematika sebanyak 21 orang siswa (84%) mendapatkan nilai 64,2 sampai 86,2 ke atas. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,26 dan nilai ttabel untuk df= 55 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,010. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,26 > 2,010).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Domino Matematika (Domat)Terhadap Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:00
Last Modified: 17 Feb 2020 03:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4145

Actions (login required)

View Item View Item