PENGARUH POLA KOMUNIKASI DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTSN 2 BENGKULU SELATAN

Hartati, Jusna (2019) PENGARUH POLA KOMUNIKASI DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTSN 2 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
JUSNA HARTATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan; Untuk mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan; Untuk mengetahui pengaruh antara pola komunikasi dan motivasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi guru terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fiqih di MTsN 2 Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh bahwa t-hitung > dari t-tabel, yaitu thitung sebesar 5,262 sedangkan t-tabel sebesar 2,000. Hal ini berarti pemahaman siswa pada materi pelajaran dapat ditentukan oleh pola komunikasi yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran fiqih. Hal ini dibuktkan dari hasil analisis diperoleh t-hitung> t-tabel, yaitu thitung sebesar 5,583 dan t-tabel sebesar 2,000. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi guru dan motivasi guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran fiqih. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh F-hitung sebesar 42,937 dengan f-tabel sebesar 3,11. Artinya F-hitung> f-tabel (42,937 > 3,11).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Motivasi Guru, dan Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:34
Last Modified: 18 Feb 2020 08:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item