KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE KETELADANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 79 KOTA BENGKULU

Sari, Nurindah Kumala (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE KETELADANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NURINDAH KUMALA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan metode keteladanan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan melihat, persiapan sebelum proses belajar dimulai, kemampuan guru dalam mengajar, pengelolaan kelas, dan memahami karakter peserta didik sesuai kebutuhan. Mengingat masalah pembelajaran yang dihadapi seperti sisawa yang sering izin keluar dan mengantuk di kelas, pembelajaran yang masih kurang kondusif, metode yang kurang bervariatif. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research (lapangan), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian yang dilakukan terlihat kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan metode keteladanan pada pembelajaran PAI dapat berjalan dengan lancar sesuai kebutuhan peserta didik dan tujuan yang akan dicapai, dan proses pembelajaran juga berjalan dengan sesuai dengan apa yang diharapkan, dan membentuk karakter peserta didik memiliki pribadi yang baik. Guru telah memposisikan dirinya sebagai fasilitator dan memberikan kemudahan belajar siswa yaitu dengan guru memberikan arahan, bimbingan, dan mengatur proses pembelajaran. Dalam menggunakan metode keteladanan kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya memberikan bahan ajar yang tersampaikan oleh peserta didik, tetapi juga apa yang sudah diajarkan mampu diterapkan peserta didik dalam pembiasaan kehidupan sehari-har

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Keteladanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:22
Last Modified: 05 Mar 2020 04:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item