Ayuning Tyas, Ayu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJAAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 1 JARAI. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
DWI AYUNING TYAS.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take And Give terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SDN 1 Jarai. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SDN 1 Jarai. untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take And Give dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SDN 1 Jarai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy exsperimental desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yaitu kelas VA 26 orang dan kelas VB 26 orang. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji anova. Terdapat pengaruh penggunaan take and give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Jarai. Perhitungan didapatkan ternyata terdapat pengaruh penggunaan take n give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Jarai. Pada saat pre tes terdapat: 5 siswa kelompok atas/tinggi (19,23 %) 11 orang siswa dikelompok tengah/sedang (42,30 %) dan 10 siswa dikelompok bawah/rendah (38,46%). Pada saat postest terdapat: 17 siswa kelompok atas/tinggi (61,54%), 5 orang siswa dikelompok tengah/sedang (19,23 %) dan 5 siswa dikelompok bawah/rendah (19,23%). Dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan antara pre test dan post test. Terdapat pengaruh motivasi ix belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Jarai dengan persamaan regresi Y = 9,7484 + 1,66X + e. Terdapat pengaruh penggunaan take and give dan motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Jarai dengan Fsig (0,069) lebih besar dari 0,05 maka hipotesi nol (0) ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Take And Give |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:23 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:23 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4182 |
Actions (login required)
View Item |