PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING BERORIENTASI HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 80 BENGKULU SELATAN

Purnama Sari, Pili (2019) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING BERORIENTASI HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 80 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
PILI PURNAMA SARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penggunakan Metode Quantum Teaching Berorientasi Hadiah Dan Hukuman meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal keamanan dan keselamatan pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V di SD Negeri 80 Bengkulu Selatan. Metode Quantum Teaching Berorientasi Hadiah Dan Hukuman adalah metode pembelajaran yang menggunakan hadiah dan hukuman menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan agar pembelaajaran tidak menonton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas V di SD Negeri 80 Bengkulu Selatan pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan Metode Quantum Teaching Berorientasi Hadiah Dan Hukuman. jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas V di SD Negeri 80 Bengkulu Selatan Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran Metode Quantum Teaching hukuman dan hadiah dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia Proses belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan Metode Quantum Teaching Berorientasi Hadiah Dan Hukuman sudah mengalami peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan Metode Quantum Teaching Berorientasi Hadiah Dan Hukuman, pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa dikelas V SD Negeri 80 Bengkulu selatan sudah meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada tiap-tiap siklus. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 47,5. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 54,75. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 75,75. Ketuntasan pra siklus, siklus I, siklus II mengaalami peningkatan secara berturut-turut yaitu mulai 25% meningkat menjadi 45% meningkat menjadi 85%. Serta pada hasil observasi guru maupun siswa telah terlaksana dengan bai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Quantum Teaching Berorientasi Hadiah Dan Hukuman,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:23
Last Modified: 05 Mar 2020 04:23
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item