INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING (Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan)

Sari, Ilmika (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING (Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan). Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
ILMIKA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying di pondok pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan 2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan pondok pesantern dalam mencegah perilaku bullying 3) untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat internalisasi nilai-nilai PAI dalam menceagah perilaku Bulling 4) untuk mengetahui solusi yang dilakukan pihak pesantren dalam mengatasi tindakan bullying. jenis Penelitian ini adalah lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatifstudi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying pondok pesantren makrifatul ilmi dilakukan melalui beberapa strategi seperti strategi keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, kedisiplinan dan strategi pengambilan pelajaran. 2) pencegahan perilaku bullying adalah memberikan hukumanhukuman apabila melakukan perilaku bullying. Seperti hukuman menghafal surat pilihan, hukuman menulis surat Yasin dan hukuman pelayanan sekolah.3) faktor penghambat proses internalisasi faktor dari dalam dan dar luar yaitu keluara,lingkungan, media informasi, masyarakat. Lokasi asrama, kemajemukan latar belakang santri. 4) solusi apa yang di lakukan memberikan saksi mendidik, rapat rutin pondok dengan wali santri, pertemuanrutin dengan seluruh Pembina sosialisasi peraturan pondok, pemanfaatan waktu kosong dengan cara berolahraga, seni. menganjurkan ibadah sunnah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bullying fisik, verbal, Mental
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:27
Last Modified: 05 Mar 2020 04:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4207

Actions (login required)

View Item View Item