PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 27 BENGKULU SELATAN

Julia, Arini (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 27 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Tesis Arini.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Tingkat Pendidikan Orang Tua (X1) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y), apakah terdapat pengaruh Pemahaman Agama Islam Orang Tua (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) dan apakah terdapat pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pemahaman Agama Islam Orang Tua secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Kuantitatif Asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik kuesioner (angket), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Penelitian menyimpulkan bahwa : Hasil pengujian Nilai B sebesar 0,525 dan uji “t” pada hipotesis I sebesar 5.889 ini berarti t hitung > t tabel (5,889> 2,036) dan signifikansi (0.000 < 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua (X1) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y), hipotesis II pengujian Nilai B sebesar 0,438 pengujian uji “t 3.032 > 2,036) dan signifikan si (0.001 < 0.05) maka terdapat pengaruh Pemahaman Agama Islam Orang Tua (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y), dan hipotesis III hasil uji R adjusted Square sebesar 0.647 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama Tingkat Pendidikan Orang Tua (X1) dan Pemahaman Agama Islam Orang Tua (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) SD Negeri 27 Bengkulu Selatan dengan presentase 64% sedangkan 36 % dipengaruhi lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pemahaman Agama Islam, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:28
Last Modified: 05 Mar 2020 04:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4211

Actions (login required)

View Item View Item