OPTIMALISASI MASJID SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG

Putra, M. Iman (2019) OPTIMALISASI MASJID SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
M. IMAN PUTRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Optimalisasi Masjid Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Keagamaan Siswa SMK N 1 Rejang Lebong dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat optimalisasi masjid sekolah sebagai sarana pembinaan keagamaan siswa SMK N 1 Rejang Lebong serta Untuk mengetahui hasil optimalisasi masjid sekolah sebagai sarana pembinaan keagamaan siswa SMK N 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Karena itu data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa informasi yang berbentuk keterangan dan bukan berupa angka – angka. Namun data tersebut digunakan dan dianalisis untuk mendapatkan makna yang terkandung dalam data itu sendiri. Metode deskriptif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data – data yang berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, adapun untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan pembinaan keagamaan yang telah berjalan di masjid sekolah diantaranya adalah Melaksanakan sholat dhuha berjama‟ah, Melaksanakan sholat dzuhur berjama‟ah, Melaksanakan sholat jum‟at berjamaah, Berdo‟a secara islami diawal dan diakhir pelajaran, Mengadakan kegiatan baca tulis Al-Qur‟an, Mengadakan pengajian rutin, Mengadakan pemantapan fiqih ibadah, Memasyarakatkan /membiasakan 3S (senyum, sapa, salam). Pembinaan Keagamaan di masjid sekolah menunjukkan peningkatan serta perubahan yang di dapat oleh siswa – siswi mulai dari perubahan akhlak maupun perubahan prestasi keagamaan perubahan akhlak yang di tunjukkan siswa diantaranya berprilaku sopan, terhadap guru, siswa – siswi lainnya serta orang tuanya di rumah degan bertegur sapa, menyalami setiap bertemu guru, dan saat pergi ke sekolah dan pulang ke sekolah dan prestasi keagamaannya semangat beribadah nya semakin meningkat, kemampuan membaca al-Qur‟annya semakin baik, pengetahuan keagamaan nya bertambah dan semakin bagus nya gerakan demi gerakan sholatnya pembiasaan yang dilakukan selama kegiatan pembinaan keagamaan baik yang didalam pembelajaran PAI maupun diluar jam pembelajaran PAI selain itu lingkungan 10 yang kondusif dan positif juga menjadikan kegiatan yang dilakukan oleh siswasiswi menjadi terarah dan menjadikan pendidikan yang seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani, intelektual dan spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pembinaan Keagamaan, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 23 Apr 2020 09:31
Last Modified: 23 Apr 2020 09:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item