PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 132 BENGKULU UTARA

Puji Lestari, Liani (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 132 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIANI PUJI LESTARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode lattice terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 132 Bengkulu Utara. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas yaitu pembelajaran metode lattice, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam ini adalah siswa kelas III di SDN 132 Bengkulu Utara yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 132 Bengkulu Utara yang berjumlah 20, menggunakan teknik sampling jenuh, di mana teknik pengambilan sampel yang terbatas, jadi sampel penelitian tetap menggunakan semua siswa yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang digunakan yaitu tes pre-test dan post-test. Pre-test hanya akan diberikan sekali sebelum materi disampaikan, begitu juga untuk post-test akan diberikan pada akhir materi pelajaran selesai disampaikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada kelas III, pada nilai pretest terdapat 3 siswa kategori atas/tinggi (15%), 14 siswa kategori tengah/sedang (70%), dan 3 siswa kategori bawah/rendah (15%). Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pada kelas III, pada nilai posttest terdapat 2 siswa kategori atas/tinggi (10%), 16 siswa kategori tengah/sedang (80%), dan 2 siswa kategori bawah/rendah (10%). Dari hasil penelitian membuktikan bahwa metode lattice, memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 132 Bengkulu Utara. Hal ini membuktikan uji t dengan rumus regresi linier sederhana yang ditemukan thitung > ttabel (17,1≥2,10), nilai ini menunjukkan pengaruh yang positif. Jadi terdapat pengaruh antara metode lattice terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 132 Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Lattice, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 27 Apr 2020 05:47
Last Modified: 27 Apr 2020 05:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item View Item