PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Analisis di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kota Lubuk Linggau)

Nugraha, Wahyu (2019) PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Analisis di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kota Lubuk Linggau). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman Santri Terhadap Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kota Lubuk Linggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan Di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kota Lubuk Linggau. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 5 orang siswa yang duduk di kelas XI SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kota Lubuk Linggau. Dalam analisis data peneliti menggunakan data reduction (merangkum dan memilih hal-hal pokok), data display (membuat uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori dan sejenisnya), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: santri dapat memahami dan menjelaskan kembali materi pelajaran pendidikan agama Islam bila guru mengubah metode dengan menggunakan metode yang bervariasi yang bisa membuat santri bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Dalam proses pembelajaran, guru juga merumuskan dan menyampaikan tujuan pembelajaran di setiap memulai pelajaran, tetapi guru tidak menuliskan dan menjelaskan apa maksud dari tujuan pembelajaran yang akan disampaikan. Kemudian juga terdapat faktor perbedaan kemampuan pemahaman santri dalam menguasai konsep. Sebagaimana kita ketahui santri memiliki kemampuan pemahan yang berbeda-beda, ada santri yang memiliki kekampuan pemahaman yang tinggi, ada juga yang memiliki kemampuan pemahaman yang rendah di dalam proses pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar ada siswa yang sangat mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, tetapi ada pula yang kurang memahami mengenai apa yang telah disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Keteladanan yang dilakukan oleh guru PAI adalah selalu mengucapkan salam apabila ingin masuk atau keluar dalam kelas. Selanjutnya adalah keteladan guru PAI dengan menerapkan sikap tepat waktu dalam berangkat ke sekolah agar tak terlambat, karena dengan adanya sikap guru yang tidak terlambat sekolah akan mendorong santri meneladani sifat guru tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Santri, Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:37
Last Modified: 03 Jun 2020 03:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item View Item