Talino, Seprian (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
FULL SKRIPSI .pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pramuka sebagai sarana pembentukan karakter. Terhadap hasil belajar pada pendidikan pramuka kelas V Di MIN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pedekatan deskriptif kualitatif, yakni suatu proses penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa pernyatan dan hasil jawaban wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan dalam pembentukaan karakter siswa kelas V yang menggunakan model pembelajaran kode kehormatan yaitu merupakan ukuran atau standar tingkah laku anggaota gerakan pramukan. Di dalam pembelajaran kepramukaan seorang peserta didik dilatih menjadi seorang yang memiliki jiwa kemempinan dan dilandasi dengan pembentukan karakter diri. Sebagai kepramukaan memiliki, nilai-nilai kode etik dan kode kehormatan yang harus di pahami dan dimengerti oleh semua anngota dari gerkan pramuka diharapkan bersumpa pandu (scout promise) dan bersedia menjalankan hukum pramuka (scout law). Kata-kata pada janji atau sumpah pandu atau hukum pandu tri satya dan menepati dasa darma. Dengan demikian dapat penulis buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam pendidikan pramuka dalam pembentukan karakter kelas V MIN 2 Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Pramuka dan Pembetukan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 03:38 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 03:38 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4284 |
Actions (login required)
View Item |