UPAYA PENCIPTAAN SUASANA RELIGIUS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 BENGKULU SELATAN

Sinarmi,, Sinarmi (2020) UPAYA PENCIPTAAN SUASANA RELIGIUS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 BENGKULU SELATAN. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SINARMI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai tempat proses belajar-mengajar yang mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Konsep dasar dan pelaksanaannya akan ikut menentukan jalannya pendidikan di tengah kehidupan manusia. Namun demikian, pada tingkat pelaksanaannya pendidikan mulai menghadapi perubahan sosial. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bentuk-bentuk kegiatan dalam penciptaan suasana religius oleh Guru Pendidikan Agama Islam?, 2) Apa saja faktor yang mendukung dalam menciptakan suasana religius di SD Negeri 17 Bengkulu Selatan?. Apa saja faktor yang menghambat dalam menciptakan suasana religius di SD Negeri 17 Bengkulu Selatan?. Metode Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara, (2) observasi,(3) dokumentasi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap analisis yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Upaya kepala sekolah dalam menciptakan suasana religius di SD Negeri17 Bengkulu Selatan diimplementasikan kedalam beberapa program yaitu 1) Bhawikarsu religi, sebuah kegiatan literasi di SD Negeri 17 Bengkulu Selatan pada pagi hari sebelum dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yaitu dengan membaca surat-surat pendek dari Al-Qur‟an Juz 30 (Juz „Amma) 2) program membaca Al-Qur‟an dengan metode bil qolam. 3) tahfidz Al-Qur‟an, 4) Kultum dan 5) Berbusana Muslim. Adapun faktor pendukung dalam menciptakan suasana religius di SD Negeri 17 Bengkulu Selatan yaitu 1) kepercayaan orangtua siswa yang tinggi terhadap lembaga sekolah. 2) Faktor yang mendukung selanjutnya adalah membangun networking yang baik.. Sedangkan faktor yang menjadi hambatan dalam menciptakan suasana religius di SD Negeri 17 Bengkulu Selatan Adalah keistiqomahan guru dalam mengawal kegiatan – kegiatan sekolah. Kontinuitas atau kesinambungan keikhlasan para guru dalam mengawal kegiatan sekolah ini dicermati dan disadari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Suasana Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 03 Jun 2020 04:09
Last Modified: 03 Jun 2020 04:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item