PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA NEGERI 03 BENGKULU

Kontesa,, Tiara Julianti (2020) PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA NEGERI 03 BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi tiara pdf.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Dilihat dari observasi awal yang penulis lakukan, diperoleh informasi bahwa di SMA Negeri 03 Kota Bengkulu hanya ada 2 guru Pendidikan Agama Islam mampu menerapkan kompetensi pedagogik dengan baik mulai dari awal pembelajaran berlangsung hingga akhir pembelajaran secara efektif dan efisien sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan optimal. 3 guru Pendidikan Agama Islam masih kurang memahami tentang kompetensi pedagogik sehingga dalam melaksanakan pembelajarannya guru Pendidikan Agama Islam tersebut hanya mengikuti apa kemauan muridnya. Guru Pendidikan Agama Islam membolehkan muridnya bermain diluar saat jam pelajaran berlangsung. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman guru Pendidikan Agama Islam tentang kompetensi pedagogik sehingga murid bosen dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Kurangnya perencanaan pembelajaran mengakibatkan guru Pendidikan Agama Islam tidak mampu mengoptimalkan pembelajaran di dalam kelas sehingga kegiatan belajar mengajar kurang berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 03 Kota Bengkulu, untuk mengetahui pengembangan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 03 Kota Bengkulu dan hambatan-hambatan dalam proses pengembangan pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian dari guru PAI dan Kepala Sekolah dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberamn, analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Bengkulu masih ada guru yang tidak menyiapkan materi pembelajaran PAI, penyusunan silabus dan RPP yang terkesan asal jadi dan kebiasaan guru ketika mengajar langsung pada intinya, tidak menyampaikan butir-butir materi yang akan disampaikan. SMA Negeri 3 Bengkulu telah melaksanakan program-program pengembangan kompetensi guru seperti program In House Training (IHT), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP, pembinaan internal sekolah, pemberian tugas tambahan. Hambatan-hambatan yang dialami guru dan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Bengkulu dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI adalah keterbatasan waktu dan dana.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 06 Jun 2020 14:05
Last Modified: 06 Jun 2020 14:05
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item