STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SESUAI HUKUM TAJWID SISWA DI SMPN 16 KOTA BENGKULU SKRIPSI

Ratnasari, Rici (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SESUAI HUKUM TAJWID SISWA DI SMPN 16 KOTA BENGKULU SKRIPSI. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RICI RATNASARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran al-qur‟an di SMPN 16 kota Bengkulu yang belum optimal, hal ini disebabkan oleh strategi guru PAI dalam mengajar/meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur‟an yang belum tepat. Atas dasar ini, maka peneliti terdorong untuk meneliti permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur‟an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SMPN 16 kota Bengkulu. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI serta siswa yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode dengan bahan referensi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur‟an yaitu guru PAI mempersiapkannya dengan menyusun perencanaan yang berupa menentukan tujuan yang akan dicapai, memilih pendekatan, menetapkan prosedur, memilih metode serta menentukan indikator keberhasilan agar langkah yang dilakukan guru jelas dan sesuai dengan arah tujuan yang diharapkan. Faktor yang mendukung strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur‟an siswa di SMPN 16 kota bengkulu yaitu siswa sudah memiliki kemampuan membaca al-qur‟an, lingkungan keluarga yang juga mengajarkan anak baca tulis al-qur‟an, guru PAI yang kompeten, sarana dan prasarana sekolah yang memadai, serta kemauan dari siswa untuk belajar. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dan perhatian orang tua terhadap perkembangan anaknya serta kurangnya motivasi dan minat dari siswa untuk mempelajari al-qur‟an. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut guru selalu memberikan motivasi kepada peserta didik dan kerja sama dengan orang tua tetap dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Baca tulis Al-qur‟an, Hukum Tajwid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Jun 2020 21:16
Last Modified: 06 Jun 2020 21:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item