Perilaku Konsumen Islam Dalam Pembelian Tas Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bengkulu (Studi Pada Mahasiswi Ekonomi Islam Semester V Tahun Ajaran 2016/2017)

Setiadi, Iwan (2017) Perilaku Konsumen Islam Dalam Pembelian Tas Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bengkulu (Studi Pada Mahasiswi Ekonomi Islam Semester V Tahun Ajaran 2016/2017). Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Iwan Setiadi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku Konsumen Islam Dalam Pembelian Tas Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bengkulu (Studi Pada Mahasiswi Ekonomi Islam Semester V Tahun Ajaran 2016/2017) Oleh Iwan Setiadi NIM 2123139603. Konsumsi merupakan suatu kegiatan yang secara langsung dapat menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan tujuan memperoleh kepuasan yang dapat berakibat menghabiskan nilai guna barang atau jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pembelian tas yang dilakukan oleh mahasiswi semester V Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu, dan faktor-faktor yang mendorong perilaku pembelian, serta analisisnya dalam pandangan konsumsi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dan teknik pengambilan sampel menggunakan quota random sampling. Adapun hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa konsumsi produk tas yang dilakukan oleh mahasiswi Ekonomi Islam Semester V Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu terbiasa berbelanja tanpa memikirkan kebutuhan melainkan keinginannya. Faktor-faktor yang mendorong perilaku tersebut terdiri dari 2 yakni faktor internal dan faktor eksternal. Melihat dari perilaku konsumsi produk tas yang dilakukan oleh mahasiswi Ekonomi Islam Semester V Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu, sangat tidak sesuai dengan aturan dan makna dalam konsumsi Islam. Dimana dalam Islam, konsumsi bertujuan untuk meningkatkan ketaatan beribadah dan memenuhi kebutuhan hidup. Meski seorang muslim sudah mampu memenuhi kebutuhan ketiga atau pelengkap, Islam tetap tidak menganjurkan, bahkan mengharamkan pengeluaran yang berlebih-lebihan dan terkesan mewah. Kata Kunci : Perilaku Pembelian Tas, Konsumsi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Wawan Kurniawan
Date Deposited: 17 Mar 2019 01:08
Last Modified: 17 Mar 2019 01:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item