Utami,, Vivi Suryani Putri (2020) PENGARUH METODE SRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
SKRIPSI VIVI SURYANI PUTRI UTAMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ditemukan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 masih kurang, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih metode membaca yang efektif, sehingga memunculkan permasalahan adakah pengaruh metode SAS Terhadap keterampilan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 Kota Bengkulu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperimen. Data penelitian akan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan Uji t dimana thitung sebesar 2,506 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,684 (thitung > ttabel,(0,05) = 2,506 > 1,684). Syarat ada tidaknya pengaruh antar variabel adalah thitung harus lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% ataupun 1%, dalam penelitian ini peneliti menggunakan taraf signifikan 5%, sehingga pada penelitian ini, hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu, sedangkan (Ho) ditolak yaitu tidak ada pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Keterampilan Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 08:32 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 08:32 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4352 |
Actions (login required)
View Item |