PENGARUH METODE SRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU

Utami,, Vivi Suryani Putri (2020) PENGARUH METODE SRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIVI SURYANI PUTRI UTAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ditemukan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 masih kurang, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih metode membaca yang efektif, sehingga memunculkan permasalahan adakah pengaruh metode SAS Terhadap keterampilan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 Kota Bengkulu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperimen. Data penelitian akan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan Uji t dimana thitung sebesar 2,506 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,684 (thitung > ttabel,(0,05) = 2,506 > 1,684). Syarat ada tidaknya pengaruh antar variabel adalah thitung harus lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% ataupun 1%, dalam penelitian ini peneliti menggunakan taraf signifikan 5%, sehingga pada penelitian ini, hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu, sedangkan (Ho) ditolak yaitu tidak ada pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 101 kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 09 Jun 2020 08:32
Last Modified: 09 Jun 2020 08:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item