IMPLEMENTASI PENDDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA MODEL FULL DAY SCHOOL DI SDIT IQRA 1 KOTA BENGKULU

Mulyani,, Sri (2020) IMPLEMENTASI PENDDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA MODEL FULL DAY SCHOOL DI SDIT IQRA 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI MULYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pemerintah secara intensif dan berkesinambungan telah menebar gagasan akan pentingnya pendidikan berkatakter disekolah-sekolah yang selama ini terabaikan. Ditandai dengan lunturnya karakter dan jati diri bangsa sehingga dianggap sebagai tonggak kearah perubahan. Namun disisi lain ada keraguan jika nantinya pendidikan karakter hanya menjadi pengetahuan atau indoktrinasi secara tereduksi. Selama ini nilai-nilai pendidikan karakter disekolah hanya sebatas dalam pengetahuan atau teori saja, dan belum pada taraf penanaman dan pelaksanaan dalam perilaku sehari-hari dan kurang partisipasinya lingkungan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter islami pada model full day school di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter islami yang dikembangkan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu IQRA 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) Pelaksanaan yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter islami tersebut yaitu dengan cara keteladanan, melalui pendidikan dongeng atau cerita, bimbingan, dan pembiasaan. 2) faktor pendukungnya yaitu karena SDM sekolah sudah dari lulusan dari beberapa instansi pendidikan terkait SD/MI dan sudah banyak pendidik bergelar Master, kemudian dukungan dari orang tua dan tentunya dari yayasan yang mendukung penuh. 3) faktor penghambatnya ialah kurang kesadaran siswa, ekonomi keluarga yang tinggi, kedisiplinan anak dan juga pembiasaan pada sikap anak yang belum sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Full Day School
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 09 Jun 2020 08:33
Last Modified: 09 Jun 2020 08:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item