UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 143 SELUMA

Lestari, Dwita (2020) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 143 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWITA LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait kemandirian belajar siswa di SD Negeri 143 Seluma kelas IV, hasil observasi menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 143 Seluma masih belum optimal. Hal ini tampak ketika diberi pertanyaan, siswa masih takut untuk menjawab, ketika mengerjakan soal latihan yang seharus nya dikerjakan sendiri, siswa juga tidak yakin dengan jawabannya sendiri sehingga ia mencontek temannya. Ketidak yakinan ini berdampak pada prilaku individu memandang dirinya sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan untuk melalukan suatu tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemandirian Belajar Siswa dan mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam membentuk Kemandirian Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 143 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode tersebut yaitu Observasi, Interview dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kemandirian Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 143 Seluma, kemandirian belajar siswa mendengar penjelasan guru secara umum dikatakan sudah baik, siswa antusias mendengarkan penjelasan guru, saat guru memberi penjelasan memang ada sebagian siswa yang bebicara dengan temannya atau melakukan aktivitas yang lain, tetapi jumlahnya tidak banyak. Upaya guru dalam membentuk Kemandirian Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 143 Seluma yaitu: 1) Membuat perencanaan, guru telah menjabarkan semua perencanaan dalam silabus dan RPP. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru dikembangkan dalam silabus. 2) Pelaksanaan, peran guru dalam membentuk Kemandirian Belajar Siswa dapat dilihat dari media yang digunakan adalah penampilan video dan gambar menggunakan power point, serta menggunakan metode diskusi, tanya jawab, problem solving, sosio drama dan penugasan. 3) Evaluasi dalam proses pembelajaran untuk memperoleh informasi pencapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan secara continue.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:29
Last Modified: 22 Jun 2020 06:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item