PENGARUH MODEL PEMBELA JARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN 27 TABA LAGAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Wulan Sari, Dwi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELA JARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN 27 TABA LAGAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skipsi Dwi Wulan Sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran teams game tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV SDN 27 Taba Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah?”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran teams game tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV SDN 27 Taba Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimen), yaitu suatu eksperimen yang mendekatkan eksperimen sungguhan yang tidak mengadakan kontrol maupun memanipulasi variabel yang relevan. . Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel X (Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament) dan variabel Y (hasil belajar siswa). . Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 225 siswa, yang terdiri dari sebelas kelas. Sampel dari penelitian ini 20 orang siswa kelas IV A dan 20 orang siswa dari kelas IV B. Hasil penelitian yaitu berdasarkan uji “t” terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran teams game tournament dan model pembelajaran konvensional., diperoleh thitung = 3,55 sedangkan ttabel memiliki nilai 2,021. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat diketahui jika thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%. Dengan demekian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa di SDN 27 Taba Lagan kabupaten Bengkulu Tengah dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:33
Last Modified: 22 Jun 2020 06:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item