REGULASI DIRI MAHASISWA PENGHAPAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN BENGKULU

Ayu, Indah Lestari (2020) REGULASI DIRI MAHASISWA PENGHAPAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN BENGKULU. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AYU INDAH LESTARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur‟an memerlukan ingatan yang kuat dan harus diiringi dengan penjagaan dan pengulangan (muraja‟ah) hafalan agar tidak mudah lupa. Para penghafal Al-Qur‟an ini diharuskan untuk menyelesaikan target hafalannya dalam jangka waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam menghafal Al-Qur‟an salah satunya aalah motivasi, kesehatan, usia, dan lain sebagainya. Selain itu juga dibutuhkan usaha yang keras, kesiapan lahir dan batin, kerelaan dan pengaturan diri yang ketat. Pengaturan diri yang ketat inilah yang dalam istilah psikologi disebut sebagai regulasi diri (self regulation). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan pengambilan sample dengan cara porposive sampling yaitu dengan menentukan kriteria tertentu dalam suatu populasi. Data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Regulasi diri mahasiswa penghafal Al-Qur‟an di Ma‟had Al-Jami‟ah IAIN Bengkulu berupa, yang pertama self observation (tidak membandingkan diri dengan orang lain, bertanya kepada orang lain, menargetkan hafalan, dan setoran hafalan), kedua judgemental process (mengatur lingkungan), dan ketiga self response (memperbaiki bacaan Al-Qur‟an, belajar dari kesalahan, belajar dari orang lain, memberi nasehat kepada diri sendiri, harus lebih baik dari hari kemarin, menggunakan waktu luang untuk menghafal, menyenangkan diri, dan senyum kepada orang lain). (2) faktor-faktor yang berperan dalam proses regulasi diri ini ada faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Faktor pendukung berupa adanya niat untuk menghafal, memiliki target hafalan, dan motivasi yang kuat serta dukungan dari orang-orang terdekat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketika datang rasa malas, menemukan kosa kata yang sulit dan juga gangguan mood.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: regulasi diri, Al-Qur‟an, menghafal Al-Qur‟an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: muhammad yusrizal amwa
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:51
Last Modified: 07 Jul 2020 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4511

Actions (login required)

View Item View Item