PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MIN 02 KOTA BENGKULU

Indah,, Lestari (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MIN 02 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH LESTARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah gruru yang selalu mendominasi pelajaran, siswa yang kurang terlibat langsung, guruyayng masih menerapkan metode konvensional serta rendahnya hasil belajara siswa yang tidak memenuhi KKM yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran SKI Kelas V Di MIN 02 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment desaign) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V C di MIN 02 Kota Bengkulu yang berjumlah 68 siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis data. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajarann NHT dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajarn SKI kelas V di MIN 02 Kota Bengkulu. Berdasrkan hasil pehitungan hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung 10 sedangkan ttabel dengan df 66 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,671. Demikian thitung > ttabel ( 10 > 1,671 ) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar SKI siswa yang diajarkan dengan menggunakan model NHT lebih baik daripada menggunakan Model STAD. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar SKI posttest kelas V A lebih tinggi dibandingkan dengan kelas V C dan terdapat perbedaan hasil belajar SKI antara kelas yang diajar melalui model NHT dengan model STAD pada kelas V di MIN 02 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, NHT dan STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:59
Last Modified: 07 Jul 2020 07:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4544

Actions (login required)

View Item View Item