PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 141 SELUMA

Ayu,, Anggis Triani (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 141 SELUMA. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU ANGGIS TRIANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi peserta didik, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas dalam seting pengajaran atau setting lainnya. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDN 141 Seluma didapatkan data bahwa jumlah siswa kelas IV ada 46 orang, dan sebagian besar siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dengan model pembelajaran Scramble pada kelas IV di SD Negeri 141 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment design) pada bentuk nonequivalent control group design. Teknik penentuan sampel ini dengan menggunakan sampling total. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes soal pilihan ganda sebanyak 20 soal, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Dapat dilihat dari hasil hipotesis yaitu dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 2,52 sedangkan ttabel dengan df 44 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,01. Demikian thitung > ttabel (2,52 > 2,01) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar IPS siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran word square lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scramble di SD Negeri 141 Seluma. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPS Posttest Kelas IV A yaitu 77 lebih tinggi dibandingkan kelas IV B, yaitu 70.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Word Square, Model Pembelajaran Square
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 09 Jul 2020 08:31
Last Modified: 13 Oct 2020 01:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View Item View Item