PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPTS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU

Fadli, Rahmat (2020) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPTS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 76 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAT FADHLI.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmat Fadhli, Agustus 2020, Skripsi: Perbandingan model pembelajaran cooperative learning dengan model pembelajaran cooperative scripts dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 76 kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing: 1. Dra.Hj.Kairunnisa M.Pd, 2. Salamah SE.M.Pd. Kata Kunci: Perbandingan, Model Pembelajaran cooperative learning dan cooperative scripts, Keaktifan Belajar, Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran cooperative learning dengan model pembelajaran cooperative scripts dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 76 kota Bengkulu , yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas V untuk dijadikan sampel yang berjumlah 112 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 76 kota Bengkulu yang berjumlah 112 orang, teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan ada dua cara yaitu dengan Statistik Deskriptif dan Statistik inferensial. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa maka nilai rerata pada kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning memperoleh rata-rata anak yang aktif 28 anak tergolong sedang dan rata-rata anak yang aktif pada kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative scripts sebanyak 26 anak tergolong kurang. Dengan demikian, dipahami bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran model cooperative learning dengan model cooperative scripts terhadap keaktifan belajar siswa. Dengan perbandingan model cooperative 9 learning lebih baik daripada model cooperative scripts dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 76 kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:42
Last Modified: 21 Sep 2020 02:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item View Item