KOMUNIKASI KELOMPOK DI MA`HAD AL – JAMI`AH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU

Fauzul,, Aziz (2020) KOMUNIKASI KELOMPOK DI MA`HAD AL – JAMI`AH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi Fauzul Aziz.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana pola komunikasi antara pengasuh dan mahasantri dalam pembinaan menghafal Alquran dan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung dari pembinaan menghafal Alquran di Ma`had al-Jami`ah IAIN Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang terjadi antara pengasuh dan mahasantri dalam pembinaan menghafal Alquran serta faktor yang menghambat dan mendukung dari pembinaan menghafal Alquran. Termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi antara pengasuh dan mahasantri dalam pembinaan kedisiplinan menghafal Alquran adalah pola bintang/seluruh saluran sehingga komunikasi menjadi efektif ketika pesan yang disampaikan komunikator mendapatkan feedback dari komunikan. Dalam pembinaan kedisiplinan menghafal mahasantri ada beberapa faktor pendukung yakni niat dan motivasi, mendengarkan arahan dan nasihat, kredibilitas pengasuh, rasa empati pengasuh, dan terbuka diri dari pengasuh terhadap keluhan mahasantri. Sedangkan faktor penghambat yakni mahasantri kurang percaya diri, dan rasa canggung terhadap pengasuh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola, Komunikasi, Pembinaan Kedisiplinan Mahasantri
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:34
Last Modified: 02 Nov 2020 07:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item