PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN PINTAR ANGKA (PAPINKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA TALANG PADANG KECAMATAN PADANG GUCI HILIR KABUPATEN KAUR

Virda,, Mirantika (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN PINTAR ANGKA (PAPINKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA TALANG PADANG KECAMATAN PADANG GUCI HILIR KABUPATEN KAUR. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
VIRDA MIRANTIKA .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berhitung permulaan pada anak di PAUD Nadilah masih rendah. Hal ini disebabkan oleh peran guru dalam menerapkan strategi dan metode mangajar guru yang masih konvensional saat pembelajaran. Oleh karenanya diperlukan strategi atau metode permainan yang tepat untuk bisa mengajak anak menjadi fokus dalam memperhatikan guru dalam kegiatan belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Padang Guci Hilir? 2) Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar Angka (Papinka) di Desa Padang Guci Hilir? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan R&D. Metode penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat penulis simpulkan bahwa Proses penelitian dan pengembangan media pembelajaran Papan Pintar Angka (Papinka) terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun anak usia dini di Desa Padang Guci Hilir telah menghasilkan sebuah produk yang telah divalidasikan dan sudah dinilai oleh para ahli dan sudah memperoleh kategori sangat baik oleh ahli guru praktik. Dan sehingga dapat disimpulkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah layak untuk digunakan. Pengembangan media ini sangat baik sesudah anak melakukan atau diberikan kegiatan bermain Papan Pintar Angka (Papinka) ini oleh peneliti anak-anak diberikan sebuah media pembelajaran ini anak-anak dapat bersosial, berinteraksi dan dapat melatih kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun anak dan disana dapat kita lihat bahwasanya anak sudah terlihat baik dalam melakukan permainan Papan Pintar Angka (Papinka) terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahunnya dan disana didalam pre-test anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 32,28 % dalam kategori Mulai Berkembang sedangkan hasil dari post-testnya anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 82,85 % dapat kita simpulkan bahwasanya permainan ini sudah layak sekali digunakan dengan anak usia dini dalam pengembangan terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran, Papan Pintar Angka,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 09 Nov 2020 01:21
Last Modified: 09 Nov 2020 01:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item