PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Nurhestia,, Nurhestia (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurhestia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya gaya belajar dalam kegiatan belaja mengajar. Gaya belajar pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Namun, dari ketiga gaya belajar tersebut hanya satu gaya belajar yang mendominasi pada setiap individu. Pada penelitian ini berfokus pada gaya belajar kinestetik yaitu gaya belajar yang berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, gaya belajar tersebut mempunyai peranan penting dan bisa dikatakan sebagai faktor penentu dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas XI di SMK N 5 Kota Bengkulu. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI di SMK N 5 Kota Bengkulu, dan penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI siswa di SMKN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 5 Bengkulu, Dengan jumlah siswa 20 orang yang dijadikan populasi dan sampel. Instrument yang digunakan adalah angket gaya belajar kinestetik dan dokumentasi hasil nilai rapor siswa mata pelajaran PAI di semester ganjil tahun 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk melihat nilai R Square dengan bantuan software SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian mengenai pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMKN 5 Kota Bengkulu yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI SMKN 5 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai hasil uji f yaitu a. 0.05 > a. 0.02 dan sig. < F hitung. 5.790, yang berarti gaya belajar kinestetik mempengaruhi nilai hasil belajar PAI siswa kelas XI di Smk Negeri 5 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Kinestetik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 09 Nov 2020 01:22
Last Modified: 09 Nov 2020 01:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4811

Actions (login required)

View Item View Item