PENGARUH KECEMASAN MENGIKUTI UJIAN AKHIR SEMESTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 64 SUKANANTI KECAMATAN KEDURANG ULU KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Nando,, Mario Fariza (2020) PENGARUH KECEMASAN MENGIKUTI UJIAN AKHIR SEMESTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 64 SUKANANTI KECAMATAN KEDURANG ULU KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecemasan Mengikuti Ujian Akhir Semester Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 64 Sukananti Kecamatan Kedurang Ulu Kabupaten Bengkulu Selatan , yang terdiri dari satu kelas. Peneliti mengambil kelas V untuk dijadikan sampel yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif pendekatan Asosiatif kausal (hubungan kausal). Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 64 Sukananti Kecamatan Kedurang Ulu Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 25 orang, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Ditemukan bahwa Prestasi belajar siswa berdasarkan pengolahan data menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa kategori tinggi sebanyak 1 resfonden atau 24 %. Kemudian kategori sedang sebanyak 18 resfonden atau 56%. Sedangkan kategori rendah sebanyak 6 resfonden atau 20%. Jadi, dapat disimpulkan tingkat Prestasi belajar matematika siswa SDN 64 Sukananti kecamatan Kedurang Ulu Kabupaten Bengkulu Selatan berada dalam kategori sedang, yaitu 56%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kecemasan Mengikuti Ujian Akhir Semester Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 64 Sukananti Kecamatan Kedurang Ulu Kabupaten Bengkulu Selatan. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan persamaan regresi linier sederhana Y= 205,04 + 0,795X yang artinya setiap kenaikan satu variable X (Pengaruh Kecemasan Siswa) maka nilai variable Y (Hasil belajar siswa) akan naik 0,104 tindakan, dimana pengaruh kecemasan siswa mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa sebesar, 0,0143% ( 0,0143% dilihat dari perhitungan koefisien determinasi 99,98 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kecemasan Siswa, Prestasi Belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 09 Nov 2020 01:23
Last Modified: 09 Nov 2020 01:23
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item