UPAYA MENINGKATKAN CREATIVE INTELIGENSE SISWA MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATA BPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 15 KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA

Helma,, Nengsi (2020) UPAYA MENINGKATKAN CREATIVE INTELIGENSE SISWA MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATA BPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 15 KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HELMA NENGSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan bertanya dasar sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap tahap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas jawaban peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan proses peleksanaan pembelajaran di SD Negeri 15 Seluma ditinjau dari pendekatan, model, metode dan strategi. Untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan bertanya dasar di SD Negeri 15 Seluma. Untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan creative intelligence(kecerdasan kreatif) siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia melalui keterampilan bertanya dasar di SD Negeri 15 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Proses pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 15 Seluma ditinjau dari pendekatan, model, metode, strategi yang di lakukan oleh guru ternyata sudah berjalan dengan baik, melalui langka pembelajaran meliputi perencanaan, pendekatan, model, metode, strategi, sampai tahap akhir. Guru menyampaikan sesuai dengan Rpp guru dan di dukung oleh buku pedoman guru dan buku siswa. Penerapan keterampilan bertanya dasar dalam pembelajaran sudah di terapkan di SD Negeri 15 Seluma walaupun optimal dan belum terlalu menguasai keterampilan bertanya dasar akan tetapi keterampilan bertanya dasar di terapkan dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa.Upaya meningkatkan Creative intelligence siswa melalui keterampilan bertanya dasar ada beberapa macam yang di lakukan guru seperti mengajak siswa belajar sambil bermain, mengajak siswa bertanya tentang apa yang belum di ketahui , memberikan pertanyaan kepada siswa dari sebelum pembukaan sampai akhir pembelajaran, memberikan penghargaan berbentuk hadiah kepada siswa yang berani menjawab atau memberikan pertanyaan pada saat pembelajaran berlangsung, cara ini dapat meningkatkan kecerdasan kreatif siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta menambah rasa ingin tahu peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Creative Inteligense, Keterampilan Bertanya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:42
Last Modified: 11 Nov 2020 08:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4841

Actions (login required)

View Item View Item